NPWP untuk karyawan

8 12 2008

NPWP ( Nomor Pokok Wajib Pajak ) adalah kewajiban tiap warga negara, sehubungan dengan pajak yang harus di bayarkan. Sebagai pengusaha NPWP diperlukan untuk melaporkan secara self assesment yaitu dengan mengisi sendiri berapa pendapatannya dan berapa pajak npenghasilan yang harus dibayarkannya.

Sedangkan untuk karyawan maka PPH nya dipotong oleh si pengusaha tersebut, maka kita tidak usah pusing pusing memikirkan besarnya PPH yg harus disetor, maka dari itu banyak karyawan yang tidak merasa perlu membuat NPWP karena toh kewajiban mereka sudah ditunaikan.

Tapi per 1 Januari hal itu tidak lagi sepenuhnya benar, setelah keluarnya UU No 36 th 2008 tentang perubahan keempat UU 7 th 1983 tentang pajak penghasilan yang mengatur bahwa besarnya pajak untuk karyawan yang tidak mempunyai NPWP akan ditambahi 20% dari tarif PPH karyawan yang memiliki NPWP.

pasal 21 ayat 5a
Besarnya tarif sebagaimana dimaksud pada ayat (5) yang diterapkan terhadap
Wajib Pajak yang tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak lebih tinggi 20% (dua
puluh persen) daripada tarif yang diterapkan terhadap Wajib Pajak yang dapat
menunjukkan Nomor Pokok Wajib Pajak.

jadi semisal karyawan yang bergaji perbulannya Rp 4.000.000 perbulannya maka biasanya dia akan dikenakan tarif PPH sebesar 5 % yaitu Rp 200.000 maka setelah tanggal 1 Januari 2009 jika ia tidak mempunyai NPWP maka tarif PPH nya akan ditambah 20 % yaitu menjadi 6 % , maka perbulannya ia akan membayar Rp 240.000 , lumayan khan , bayangkan kalau karyawan yang mendapatkan gaji 10 juta per bulan , maka akan lebih banyak lagi selisihnya.

UU tersebut akan mulai diberlakukan tanggal 1 January 2009, jadi buat teman teman karyawan yang belum mempunyai NPWP sebaiknya cepetan deh bikin NPWP mulai dari sekarang.


Aksi

Information

3 responses

9 12 2008
amrie

mas wisnu, kenapa di perusahaan tertentu ada karyawan yang dapat npwp dan ada yang tidak? sebetulnya berapa batas minimal penghasilan yang kena pajak? apa saja kerugian dari sisi pajak bagi seorang karyawan yang penghasilannya belum kena pajak ? terima kasih atas pencerahan mas wisnu.

26 12 2008
Brillie

Out Of Topic: I just want to say… HAPPY NEW YEAR 2009!!!

30 12 2008
wisnu wardhana

@ amrie : penghasilan minimal yg kena pajak yaitu untuk wajib pajak orang pribadi yaitu Rp 15.840.000 per tahun , dan untuk yg kawin Rp 1.320.000 per th , lengkapnya bisa dilihat di pasal 7 UU no 36 th 2008 ttg perubahan keempat UU no 7 th 83

kerugiannya bagi karyawan yg belum kena pajak ya gak ada.

@Brillllie : HAPPY NEW YEAR !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: