Tips buat para pencipta

7 08 2007


Hak cipta adalah hak special , hak ekslusif , hak yang melekat pada hasil karya ciptaan manusia yang harus dihargai dan diberi apresiasi yang setinggi tingginya. Hak cipta lahir atau timbul secara otomatis setelah suatu ciptaan dilahirkan tanpa mengurangi pembatasan menurut Peraturan Perundangan yang berlaku.

Saat ini aku sedang mengikuti pelatihan HKI ( Hak Kekayaan Intelektual ) yang diadakan klinik HKI fakultas hukum Universitas Diponegoro , dan aku banyak mendapatkan hal hal yang bersifat praktis dan aplikasi di lapangan yang sangat berguna bila pengetahuan ini di sebarluaskan ke teman teman.

Perlu diketahui hak cipta atau copy rights melindungi semua jenis dari ilmu pengetahuan , seni , dan sastra. Perlindungan hak cipta di Indonesia terinspirasi dengan sistem anglo saxon yang mengutamakan hak hak atas individu , dan memang diakui dengan di lindunginya hak cipta atas hasil karya seseorang menggugah dan membangkitkan semangat orang untuk lebih banyak menciptakan karya karya di bidang yang ia geluti.

Seperti aku bilang sebelumnya bahwa hak cipta lahir setelah karya cipta dilahirkan , hak cipta sebenarnya tidak perlu didaftarkan , pendaftaran pada hak cipta hanya berfungsi sebagai penguat alat bukti saja jika ada sengketa dalam persidangan.

Hal paling krusial dalam hak cipta adalah pembuktian , karena pendaftaran pada hak cipta tidak serta merta ciptaan itu adaah milik orang yang mendaftarkan, jika kita merasa karya kita dijiplak maka kita bisa mengajukan gugatan perdata di pengadilan niaga , dan tuntutan pidana di pengadilan negeri.

Karena pendaftaran bukan merupakan hal yang mutlak maka sedari awal jika kita menciptakan karya cipta kita harus paling tidak mempermudah jika suatu saat ada sengketa terhadap karya kita. Berikut ini adalah tips dan trik untuk memperkuat karya cipta kita agar susah untuk ” dibajak ” :

1. Bukti Tertulis
Jika anda adalah seorang pencipta , entah itu berupa cerita , gambar , artikel , lagu , koreografer , motif busana , maka anda harus mempunyai master dari ciptaan itu yang menyajikan ciptaan anda secara lengkap.
contoh : lagu harus dibuatkan notasi baloknya, busana harus digambarkan motifnya pada kertas , koreografer dibuatkan rekaman tarinya , dll.

2. Cantumkan CopyRights Notice
Dalam karya cipta sebaiknya dicantumkan copyrights notice , yaitu simbol copy rights yang berbentuk circle c atau © lalu nama pencipta lalu taun pembuatan . Fungsi copyrights notice ini sebagai rambu rambu bagi penjiplak , karena dalam copyrights notice tercantum taun pembuatan jadi karya yang dipublish setelah taun yang kita cantumkan adalah jiplakan . Hal ini diumpamakan seperti tanda S coret yang artinya dilarang berhenti , maka jika ada orang yang berhenti pada rambu tersebut maka orang itu dianggap telah mengetahui larangan tersebut dan tetap melanggarnya , hal yang sama di aplikasikan pada hak cipta. Maka sebaiknya pada setiap karya anda entah itu lukisan , artikel ataupun lainnya cantumkan copyrights notice.
contoh : © Indosiar 2005
© waltdisney 2000
© wisnuwardhana 2007

3. Special Delivery Order
Ini adalah tips paling special , Yaitu adalah taktik agar karya cipta kita meyakinkan bahwa karya cipta diciptakan pada waktu taun sebenarnya. Misalnya lukisan yang dibajak tahun 2003 tapi kita klaim bahwa kita telah melukis lukisan tersebut pada tahun 1998 , bagaimana meyakinkan bahwa kita sudah melukis pada tahun 1998.
caranya adalah :
a. Buatlah bukti tertulis karya cipta anda
b. masukkan karya cipta anda kedalam amplop besar yang disegel dan dilem rapi.
c. Tulis alamat tujuan ke alamat anda sendiri. pasti anda berpikir “buat apa ? ” eit , tunggu dulu …
d. Kirim melalui kantor pos , nah disini adalah poin pentingnya , pengiriman ke alamat anda sendiri melalui pos akan
mendapatkan stempel pos yang tercantum tanggal pengiriman , .
e. Setelah anda menerima kembali amplop yang berisi hasil karya anda di atasnya sudah dibubuhi cap pos yang
terdapat tanggal pengiriman .
f. Simpan baik baik amplop tersebut , jangan membukanya sekalipun! amplop itu akan digunakan saat anda
membuktikan di pengadilan , tanggal itu akansangat membantu dalam mengklaim hasil karya anda yang dibajak orang
yang tidak bertanggunga jawab.

so , anda seorang pencipta ? lindungai hasil karya ciptaan anda mulai sekarang!


Aksi

Information

7 responses

9 08 2007
Yogie

Informasi yang bagus…
Makasih yaa…

9 08 2007
anggara

good post

9 08 2007
escoret

Uhuhkk..uhuk….!!!
beratttt….

CEPET LULUS BOS..!!!!

9 08 2007
wisnuwardhana

@ yogie : ma sama

@ anggara : thanks bang

@ kopret : aku mo nulis tentang es coret ( sebagai merek ) , nantikan yoo , penting buat escoret kedepan

22 08 2007
raka

mas dhana. ajarin bikin “baca entri selengkapnya” dong. salam kenal sebelumnya

23 08 2007
Loenpia dot net | Komunitas Blogger Semarang » Loenpia tentang Cover Bajakan Buku Lokal

[…] Wisnu Wardhana (Mahasiswa Hukum, Semarang) : kalo ngliat di http://ple-q.com/2007/07/05/buku-jasakom-membajak-harry-potter/ tu jelas bgt kalo itu pelanggaran hak cipta , harusnya kalo buku jasakom itu dah mendapat keuntungan finansial pihak harry potter bisa klaim ganti rugi ma royalti… but!…. paling brapa seh …. pihaknya harry potter juga gak begitu ngurusin karena nominalnya secuil… kecuali kalo produk kita yg dibajak di luar pasti akan di perjuangin abis abisan * kapan ya produk kita dibajak orang luar * wekekekek…… atau bukunya mba funny covernya dibajak orang n orang itu dapet duit dari piracy itu ya bisa aja dunk minta ganti rugi ma royalti… tapi juga mesti diinget kalo kita kudu bisa meyakinkan kalo kita adalah sang penciptanya… buat yg suka mencipta ( entah itu hasil fotografi , koreo , lagu , gambar , tulisan dll ) https://wisnuwardhana.wordpress.com/2007/08/07/tips-buat-para-pencipta/ […]

2 04 2008
Rani SMANSAWI

War, fotomu kok ketok imut bgt sih ???!!!!!

Perasaan aslinya nggak deh………hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: