Manten Tebu di PG Pangka

19 05 2007

Tanggal 12 Mei kemarin aku pulang kampuang! heheheh seneng bgt , walupun gak jarang jarang amat pulang kampuang tapi entah kenapa tiap kali aku pulang tu krasa seneng bgt, ya secara kampung halaman ku gt loh , tempat lahirku tanah airku , weleh weleh koq dadi nggambus.

Nie postingan pertamaku tentang kampung halamanku , mungkin gak banyak yang tau kampung halamanku ,kampung halamanku namanya slawi. Slawi tu adalah ibukota dari Kab.Tegal yang sering dikumandangkan sebagai jepangnya indonesia. Tapi aku gak mo bahas masalah istilah jepangnya indonesia itu.

Image Hosted by ImageShack.us

Sebelah timur desaku ada desa yang bernama desa Pangkah , letaknya sekitar 7 Km dari rumahku. Disana terdapat pabrik gula peninggalan wong londo jaman dahulu namanya PG Pangka . Setiap tahun sekali ada pasar malam disekitar PG tersebut, ada undar ( komedi putar ) ada tong setan dan banyak hiburan rakyat sejenisnya biasanya masyarakat sekitar menyebutnya dengan “metikan” yang diambil dati kata petik , yaitu musim panen dan petik tebu, pasar malam itu adalah sebagai wujud syukuran para masyarakat karena diberi hasil panen yang melimpah.

Ternyata ada ritual kebudayaan menarik yang mengiringi metikan tersebut, karena setelah metikan berakhir ( yaitu sekitar 2 mingguan ) tibalah saat untuk memulai proses penggilingan tebu tersebut, nah ritualnya adalah tebu pertama yang akan digiling akan dijadikan penganten tebu. Tebu tersebut akan diarak dari tempat metik kedalam Pabrik.

Sayangnya aku ketingalan ritual saat mengarak penganten tebu tersebut ke dalam pabrik ,katanya seh memakai kereta tebu . Terus sesudah itu manten itu di taruh diatas mesin giling tepat sbelum masuk ke penggilingan , oh iya manten tebu itu diwujudkan memakai boneka yang dihiasi layaknya penganten , dan ada namanya lho… namanya Moch. Jaedun dengan Siti Khasanah, hehe dapet dari mana ya nama itu..?

Image Hosted by ImageShack.us
Moch Jaedun dan Siti Khasanah

Image Hosted by ImageShack.us
Close Up

Konon katanya tradisi ini sudah turun temurun dilakukan dari dulu kala PG ini dibangun, tebu itu akan diselamati terlebih dahulu secara meriah sebelum digiling untuk yang pertama kalinya.

Saat manten tebu itu para pejabat jga hadir disana loh , ada perwakilan Bupati , Kapolres , Dandim , Kepala Puskesmas Pangkah ( dr Bimo Bayuadji ) dan pejabat yang lain.

Daripada menunggu ceramah para pejabat tersebut aku melihat liat ke dalam pabrik tebu tersebut , dalam keseharianya PG tersebut tidak boleh dimasuki oleh orang umum karena mesin mesinnya besar besar bo! banyak kecelakaan pegawai disana

Image Hosted by ImageShack.us
mesinya aja segede gitu gmana kalo kegilas ya?? hii

Image Hosted by ImageShack.us
ckckckc liat mesin uap di belakangku , jaman gitu wong londo dah bikin gituan yak ( jaman itu kita masih pake mak lampir wakakak)

Setelah itu aku melihat ke luar PG yaitu di belakang PG tersebut ada lokomotif tua yg antiq banget!juga rel kereta api yang asik bgt buat foto foto . yah itulah sekelimit cerita dari tradisi adat masyarakat pangkah dan pabrik tebu peninggalan wong londo.

Image Hosted by ImageShack.us


Aksi

Information

8 responses

21 05 2007
ari

nembe ngerti lho, nek ana manten bar metikan. mosok meh nggawe gula ae, kudu ana sing mantenan sek??

21 05 2007
wisnuwardhana

jangankan kw ri sing wong talang , aku sing slawi be nembe ngerti

21 05 2007
traju

Jek kepala puskesmas pangkah sapa yaa?perasaan aku pernah ngerti, sida dadi c***r-e nt?huehuehue.
salam nggo siti khasanah jek!!!salam juga nggo anake pa bimo;-}

23 05 2007
escoret

wdeww…beda ama jogja ya..???
tradisinya mayan keran….

Btw,oleh2 mana neh..????
mbok bawa gula…..

2 09 2008
ivan

saya mencari sugar cane crusher kaps 1500-2500 Kg/Jam. saya mohon bantuan kalau ada rekan2 yg mengetahui tempat pembuatannya tolong saya di beri informasi. sebelumnya saya ucapkan terimakasih.
salam.
IVAN

6 11 2008
ARIF BANDINGAN

cilikane aku sih seneng numpak ombak banyu nang metikan . .
salam nggo wong tegal kabeh . .

Arif SP

20 01 2009
ranne

yaaa, gw baru tau kalo lu orang tegal deeh……….

ahaahahahahahahahahahaahkh……..

tweeti,gembul’

22 01 2009
Dhana_Maharani Adventure Team

hua hua hua hauh aua , kaya kwn dudu wong tegal ndullll, hua hua dasar jendoll

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: